Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Source Code Program Java Menghitung Konversi Suhu

Hello, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi source code program untuk menghitung konversi suhu mulai dari suhu dengan derajat celsius, kelvin, fahrenheit maupun reamur.

 Program ini berbasis command line interface, jadi output yang diberikan akan seperti tampilan command prompt atau terminal pada Linux. Program konversi suhu ini saya buat dengan menggunakan bahasa Java dengan teknik penulisan kodenya procedural, versi Java yang digunakan versi 14 dan IDE yang saya gunakan Intellij IDEA.

Kenapa menggunakan Intellij IDEA?

Ini sebenarnya tidak wajib, kamu bisa menggunakan IDE yang lain seperti NetBeans atau Visual Studio Code. Karena saya belajar membuat program Java ini dari kelas dicoding, maka saya gunakan Intellij IDEA untuk mendukung proses belajar bahasa Java saya. Untuk menjalankan program ini sangat direkomendasikan untuk menggunakan versi Java 10 ke atas untuk menghindari kesalahan yang terjadi.

Adapun beberapa fitur pada program ini adalah sebagai berikut:

  • Konversi dari Celsius ke Kelvin, Fahrenheit, Reaumur
  • Konversi dari Kelvin ke Celsius, Fahrenheit, Reaumur
  • Konversi dari Fahrenheit ke Celsius, Kelvin, Reaumur
  • Konversi dari Reaumur ke Celsius, Kelvin, Fahrenheit

 Keterangan

Program konversi suhu ini menggunakan pembulatan sampai angka 5 terakhir, jadi jika hasil yang diberikan melebihi dari 5 angka maka program akan membulatkan sampai batas 5 terakhir aja. Berikut ini adalah beberapa screenshot dari tampilan program.




Program ini dapat digunakan untuk tugas sekolah, kuliah dan sebagainya dengan pengembangan yang lebih kompleks jika ingin dikembangkan.

Download Source Code atau lihat source code di GitHub

Rinaldi Pratama Putra
Rinaldi Pratama Putra Reality is a lovely place, but I wouldn't wanna live there.