Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Pertama Ikut Kontribusi di Hacktoberfest

Tepat seminggu yang lalu (14-12-2020), saya berhasil menerima reward sekaligus menyelesaikan tantangan dari Hacktoberfest dan ini adalah pengalaman pertama saya dalam mengikuti Hacktoberfest...

Sebelumnya saya belum pernah mengikuti Hacktoberfest ini karena emang belum tahu, tahunya dari postingan Petanikode di instagram.

Jadi saya sangat berterima kasih kepada admin dari petanikode dan juga member grup lainnya yang sudah membantu sampai bisa dapat reward ini dan paling penting kontribusi dalam komunitas proyek open source.

Apa itu Hacktoberfest?

Mungkin masih banyak yang belum tau, apa sihh Hacktoberfest itu? Hacktoberfest merupakan sebuah gerakan untuk berkontribusi pada proyek open source. Gerakan ini dapat diikuti oleh siapa saja yang mau dan peduli untuk berkontribusi pada proyek open source di Github.

Kegiatan ini hanya berlangsung pada bulan oktober di seluruh dunia dan biasanya tiap tahun akan diadakan kegiatan dari Hacktoberfest ini. Jadi, siapapun dan dimanapun kamu berada tetap bisa mengikuti Hacktoberfest.

Setelah berhasil mengikuti dan menyelesaikan misi dari Hacktoberfest, maka kamu akan mendapatkan beberapa macam reward atau hadiah berupa kaos dan sticker yang lumayan banyak dan keren lohh!

Tujuan dari Hacktoberfest

Hacktoberfest memiliki tujuan utama yaitu untuk menyadarkan masyarakat bahwa pentingnya kontribusi pada proyek open source.

Open source tidak hanya akrab dengan kata "Linux" ya.

Open source yang dimaksudkan di sini adalah sistem pengembangan perangkat lunak yang mana tidak dikoordinasi oleh satu individu maupun lembaga atau perusahaan tertentu. Siapa saja bisa ikut dan terlibat pada pengembangan software open source karena setiap kode atau kontribusi terbuka bagi siapapun yang ingin berkontribusi.

Bahkan Microsoft yang "Closed Source" jadi cinta dengan Open Source, seperti pada postingan berikut ini:

Karena berkat dari open source ini lah, banyak software berkembang dengan cepat.

Berkontribusi proyek open source di Hacktoberfest

Untuk bisa berkontribusi pada proyek open source, kamu gak harus bisa ngoding! Namun memang disarankan dan dibutuhkan juga.

Sebenarnya yang dibutuhkan untuk ikut Hacktoberfest itu adalah kemampuan dalam menggunakan Git dan Github.

Jadi, kita tidak harus berkontribusi dalam bentuk kode namun bisa dengan hal lain seperti membantu pada proyek free-programming-books untuk menambahkan link ebook programming yang gratis dan legal beserta tutorialnya di youtube jika ada.

...dan masih banyak lagi proyek dengan menambahkan link-link untuk tujuan tertentu:

Untuk cara berkontribusi di Hacktoberfest, kamu bisa membaca artikelnya di sini ya. Soalnya saya ikut caranya dari situ hehe.

Karena artikel ini hanya membahas sebagian besar dari Hacktoberfest dan bagaimana pengalaman pengalaman saya dalam mengikuti Hacktoberfest ini.

Unboxing reward dari Hacktoberfest

Oke, kali ini saya akan berbagi apa aja hadiah atau swag yang didapatkan dari mengikuti Hacktoberfest ini beserta bonus-bonusnya 😂

Untuk pengirimannya memang membutuhkan waktu yang lama, terhitung dari mulai shipped dari US, transit dari Jerman sampai jatuh ke tangan saya (Indonesia) sekitar 1 bulan mungkin karena pengiriman regular kali ya?

Dan juga dari kurir POS Indonesia bilang ada biaya bea cukai ditambah pajak katanya ada peraturan baru gitu, jadi biayanya sebesar 59 ribu.

Tapi tak apalah, saya sudah puas dan bersyukur bisa dapat swag ini karena belum pernah sebelumnya hehe.

Ini swagnya berupa kaos dengan badge Hacktoberfest 2020 beserta sticker lainnya yang lumayan banyak menurut saya.

Ini salah satu sticker dari banyaknya sticker yang ada.

Total ada sekitar 14 sticker pada reward Hacktoberfest 2020 ini. Dan kebanyakan semuanya berasal dari sponsor mereka.

Ini sticker yang sudah dipasang pada laptop saya, looks pretty cool, huh? 😁

Akhir Kata...

Itulah pengalaman pertama saya dalam mengikuti Hacktoberfest tahun 2020 di masa pandemi ini, tentunya menjadi pengalaman yang luar biasa bagi saya bisa ikut berkontribusi pada proyek open source.

Dan bagi kamu yang masih belum ikut dan mau berkontribusi pada event Hacktoberfest selanjutnya, kamu bisa mempersiapkannya di tahun selanjutnya. 

Selamat ber-hacktoberfest dan tetap semangat dalam mempelajari hal-hal baru!

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini, I'll see you around.

Rinaldi Pratama Putra
Rinaldi Pratama Putra Reality is a lovely place, but I wouldn't wanna live there.