Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Source Code Aplikasi Tebak Angka Menggunakan React Native dan Expo

Halo, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan source code aplikasi tebak angka menggunakan react native dan expo untuk building native appnya.

Aplikasi ini saya buat guna untuk mempelajari dari awal bagaimana cara membuat aplikasi berbasis mobile (Android & iOS) menggunakan react native dan juga melengkapi course saya di udemy.

Kenapa menggunakan React Native?

Mungkin kamu bertanya-tanya kenapa saya menggunakan react native? sebenarnya ini berdasarkan pengalaman saya waktu dulu menggunakan Android Studio.

Di karenakan laptop saya yang pas-pasan, kalau codingnya dan build aplikasinya juga dari Android Studio jadi terasa berat. Oleh karena itu, saya tertarik untuk belajar react native selain bisa buat aplikasi berbasis Android juga bisa berbasis iOS (iPhone).

Dan juga react native bahasa pemrograman yang digunakan adalah JavaScript, jadi saya sudah cukup terbiasa karena sebelumnya sudah pernah buat project yang menggunakan JavaScript.

Paling ada perbedaan sedikit di syntaxnya tapi kalau udah tau dasarnya akan terasa lebih mudah untuk mempelajarinya lebih lanjut.

Adapun fitur sederhana dari game ini adalah:

  • User memilih angka dari range 1-99
  • Komputer akan mencoba menebak angka yang sudah kita pilih tadi
  • Ada pilihan LOWER jika angka yang dimasukkan komputer lebih kecil dari angka yang kita pilih, begitupun sebaliknya untuk pilihan GREATER
  • Muncul peringatan jika kita salah dalam memilih LOWER atau GREATER
  • Permainan selesai jika komputer berhasil menebak angka yang sudah kita pilih tadi

Berikut ini adalah beberapa tampilan yang saya screenshot dari hp Android saya:





Program ini dapat digunakan untuk tugas sekolah, kuliah dan sebagainya dengan pengembangan yang lebih kompleks jika ingin dikembangkan.

Download Source Code atau lihat source code di GitHub

Rinaldi Pratama Putra
Rinaldi Pratama Putra Reality is a lovely place, but I wouldn't wanna live there.