Program Luas dan Keliling Bangun Datar dengan Java OOP

Posted by Rinaldi Pratama Putra on September 27, 2020

Menghitung Luas dan Keliling Bangun Datar dengan Java OOP

Kali ini, saya akan berbagi source code lagi tentang program menghitung luas dan keliling bangun datar dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Teknik penulisan kode pada program ini, yaitu dengan OOP (Object Oriented Programming). Jadi, setiap bangun datar yang ada di program ini dibuat kelas-kelas tersendiri untuk menghitung luas dan keliling dengan rumus masing-masing kemudian akan dipanggil pada kelas Main.java dan dijalankan melalui kelas Main tersebut.

Untuk kelas induk (parent class), saya menggunakan teknik interface pada Java untuk merepresentasikan method Luas dan Keliling dengan parameter s1, s2.

Fitur-fitur pada Program

Adapun fitur-fitur pada program ini adalah sebagai berikut:

Menghitung Luas dan Keliling Bangun Datar yang terdiri dari:

  1. Persegi
  2. Persegi Panjang
  3. Segitiga Siku-siku
  4. Jajar Genjang
  5. Trapesium
  6. Layang-layang
  7. Belah Ketupat
  8. Lingkaran

Cara Menjalankan Program

Untuk menjalankan program saya merekomendasikan untuk menggunakan IDE Intellij Idea dan versi Java 10 ke atas. Jika terlalu berat untuk menjalankan Intellij, kamu bisa gunakan IDE NetBeans. Berikut ini adalah beberapa screenshot tampilan program ini.

Program Menghitung Luas dan Keliling Bangun Datar dengan Java OOP ini bisa kamu gunakan untuk tugas sekolah, kuliah dan sebagainya dengan pengembangan lebih lanjut. Silahkan download source code program pada link dibawah ini.

Download Source Code

Atau jika ingin melihat source codenya di GitHub.

Lihat di GitHub

blog comments powered by Disqus