Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Error: The secret passphrase in configuration (blowfish_secret) is too short di XAMPP

Bagi kamu yang terkendala masalah error ini The secret passphrase in configuration (blowfish_secret) is too short, artinya karakter random di pengaturan config phpmyadminnya masih pendek dan disarankan untuk mengganti random karakter menjadi sepanjang 32 karakter atau lebih (Sumber: Stackoverflow - Native Coder).

Untuk mendapatkan random karakter, bisa dengan berbagai cara dan akan saya jelaskan di bawah ini berdasarkan yang sering saya gunakan:

1. Menggunakan Fungsi random_bytes di PHP

Fungsi random_bytes di PHP akan menghasilkan karakter unik dan aman (secure) berdasarkan pseudo-random bytes. Pseudo-random bytes bekerja dengan mengkonstruksi yang mana menggunakan cara acak kisi-kisi bytes sebesar 256x256 dan mengubah konstruksi yang ada dari permutasi semua bytes.

Untuk caranya di PHP cukup mudah, bisa dengan membuka Terminal/Powershell kemudian ketikkan php -a dan otomatis akan masuk ke dalam mode Interactive shell. Atau jika tidak bisa, buka XAMPP kemudian pilih Shell, seperti pada gambar berikut:


Jika sudah, akan terbuka command prompt baru, kemudian tinggal ketik php -a dan seharusnya sudah masuk ke dalam mode Interactive shell.

Ketikkan kode berikut untuk mengenerate random karakter sepanjang 32 karakter.
echo bin2hex(random_bytes(16));

Perhatikan kode di atas:

Kita menggunakan fungsi bin2hex dari PHP, ini fungsinya untuk mengkonversi data binary menjadi hexadecimal. Itulah kenapa nanti hasil outputnya hanya ada karakter a, b, c, d, e, atau f dan angka-angka acak. Karena memang bilangan heksadesimal itu berbasis 16, mulai dari 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,a,b,c,d,e,f.

Hasil outputnya akan menjadi seperti ini:

b73e74e81237bbbcf6ac2861a167dbd7

2. Menggunakan Password Generator

Untuk cara yang kedua, bisa dengan menggunakan password generator dari situs seperti passwordgenerator.net, RandomKeygen, atau RANDOM.ORG. Tapi kali ini, saya menggunakan dari passwordgenerator.net karena simpel, dan ada pilihan lain untuk generate passwordnya.

Sebenarnya situs yang lain ada juga, cuman karena udah dari awal dapatnya passwordgenerator.net, jadinya pakai yang ini. Oke, untuk tampilan situsnya seperti berikut:


Penjelasan:

- Password Length: Panjang karakter password yang akan dihasilkan, pilih sampai 32 atau lebih.
- Exclude Ambiguous Characters: Untuk tidak menampilkan karakter yang ambigu atau rancu, seperti (), {}, [], I, l. Opsi ini saya pilih, biar jelas aja karakternya. Kalau tidak dipilih pun, sebenarnya tidak apa-apa.
- Generate Password: Tombol untuk menghasilkan output passwordnya nanti.
- Kolom Your New Password: Hasil output passwordnya akan ditampilkan di sini.
- Copy: Selanjutnya tinggal klik tombol Copy, maka password akan tersalin dan bisa di pastekan.

Baiklah, itu tadi ada dua cara dalam membuat dan mendapatkan random karakter. Sekarang yang kita perlukan tinggal menyalin random karakter itu ke config phpmyadminnya.

Silahkan buka folder xampp di Local Disk C:, kemudian masuk ke folder phpMyAdmin dan buka file config.inc.php. Edit file tersebut dan ubah $cfg['blowfish_secret'] menjadi seperti ini:
$cfg['blowfish_secret'] = 'Gu?PCwN7CXYe8j+JKCx@=weT4-EcGsZz';
Save filenya, sekarang buka lagi http://localhost/phpmyadmin/ seharusnya peringatan Error: The secret passphrase in configuration (blowfish_secret) is too short sudah hilang.

Jika masih ada kendala atau ada cara lain dalam membuat random karakter, silahkan komen di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat. 😄
Rinaldi Pratama Putra
Rinaldi Pratama Putra Reality is a lovely place, but I wouldn't wanna live there.