Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Masalah Raspberry Pi SSH Access Denied

Beberapa waktu belakangan ini saya mencoba membuat project baru dengan menggunakan mini computer, Raspberry Pi 3 Model B. Sekalian memang pengen belajar juga tentang IoT, dan seru juga ternyata 😁

Akan tetapi, setelah saya menginstall OS Raspberry Pi terbaru (Debian 11 bullseye) terjadi masalah ketika mengakses remote komputernya menggunakan SSH.

Muncul peringatan Access Denied pada terminal Linux.

Penyebab Masalah

Setelah saya browsing, ternyata masalahnya adalah default username dan password di Raspberry Pi sudah tak bisa langsung digunakan lagi untuk OS terbarunya.

Solusi

Karena di sini saya melakukan log in secara headlessly (tanpa monitor dan keyboard), jadi ada 2 cara yang bisa dilakukan, yaitu: dengan menggunakan aplikasi Official Raspberry Pi Imager atau membuat file baru dengan nama userconf dan ekstensinya .txt.

Tapi karena di sini saya sudah terlanjur install Raspberry Pi OSnya, jadi saya pakai cara kedua, yaitu dengan membuat userconf file. Caranya seperti berikut:

- Pertama-tama buat file baru dengan nama userconf dan save file tersebut sebagai .txt di partisi /boot pada MicroSD Card yang kita gunakan untuk menginstall Raspberry Pi OS.

- Jika sudah, kita isi file userconf.txt tersebut dengan format username:hashed-password. Ganti username dengan nama user yang kamu inginkan untuk login SSH nanti (Contoh: pi) dan hashed-password dengan hash password yang kamu inginkan.

- Untuk membuat hash tersebut, kita bisa menggunakan perintah di bawah ini jika menggunakan Linux/MacOS:

echo 'password' | openssl passwd -6 -stdin

Ganti password dengan password yang kamu inginkan.

Atau jika ingin dengan cara cepat, bisa menggunakan default usernamenya pi dan passwordnya raspberry seperti di bawah ini:

pi:$6$/4.VdYgDm7RJ0qM1$FwXCeQgDKkqrOU3RIRuDSKpauAbBvP11msq9X58c8Que2l1Dwq3vdJMgiZlQSbEXGaY5esVHGBNbCxKLVNqZW1
Perlu diperhatikan! username harus dipisahkan dengan : (tanda titik dua), jadi setelah menuliskan username jangan lupa titik duanya, dan kemudian diikuti dengan hashed-password.

 - Jika sudah, silakan pasang lagi MicroSD Cardnya ke slot Raspberry Pi nya. Sekarang login dengan perintah ssh [email protected]_address, kemudian ketika diminta password ketikkan passwordnya sesuai dengan hash password yang sudah kita buat sebelumnya.

- Jika passwordnya benar, maka sampai di sini kita sudah berhasil login dan sukses meremote Raspberry Pi nya.


Sekian tutorial kali ini, terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat. Jika masih ada kendala, silakan komen pada kolom komentar Disqus di bawah ini.

Referensi:

- Stack Overflow: Raspberry Pi SSH Access Denied

Rinaldi Pratama Putra
Rinaldi Pratama Putra Reality is a lovely place, but I wouldn't want to live there.